Blog

Simak, Panduan Memilih Warna Sofa Untuk Ruang Tamu

Ilustrasi sofa di ruang keluarga.

Selain memilih material, ukuran, serta desainnya, saat memilih sofa untuk ruang tamu harus memerhatikan warna juga.

Pemilihan warna ini penting karena akan memengaruhi tampilan desain interior di dalam ruangan. Selain itu, warna sofa juga harus selaras dengan pewarnaan cat dinding ruangan tersebut.

Ada desainer interior yang mengunggulkan sofa yang senada dengan warna dinding untuk menyatukan ruangan dan membuat ruangan terlihat lebih besar.

Namun, jika membeli sofa yang sesuai dengan warna dinding, mengubah warna dinding di masa mendatang bisa jadi rumit.

Pendekatan paling umum adalah memilih sofa yang melengkapi dekorasi lainnya dan tidak menjadi pusat perhatian atau disamarkan dengan warna dinding. Inilah mengapa warna sofa netral paling populer di sebagian besar rumah.

Anda harus memutuskan apakah sofa akan memiliki warna terang atau gelap. Selain itu, warna lantai juga memiliki pengaruh besar dalam pemilihan warna sofa yang tepat. Karena sofa biasanya berukuran besar dan berlapis kain, serta sebagian besar kain dapat menyerap cahaya, hal itu dapat membuat ruangan menjadi sangat gelap.

Jika meletakkan sofa gelap di lantai gelap, sofa itu akan tampak seperti menghilang ke dalam ruangan. Jika ingin menggunakan sofa gelap di lantai yang gelap, Anda harus mencoba membuatnya lebih terlihat. Sofa gelap dengan kaki logam atau kayu ringan dapat menciptakan ruang visual antara sofa dan lantai.

Ilustrasi sofa di ruangan.

Sementara itu, penggunaan karpet yang lebih terang di bawah bagian depan sofa dapat memisahkan warna-warna gelap dan menonjolkan warna sofa. Meja kopi kayu atau logam ringan juga bisa membantu lebih menonjolkan warna sofa gelap tersebut. Sementara itu, sofa berwarna terang memiliki tantangan berbeda dari sofa gelap.

Sebelum memilih sofa putih atau terang pertimbangkan bagaimana ruangan itu digunakan sekarang. Apakah ada hewan peliharaan yang memungkinkan tidur di atas sofa atau anak kecil yang menumpahkan makanan di atas sofa. Namun hal ini bisa dicegah dengan memilih sofa yang dilapisi sarung sehingga dapat dicuci.

Berbeda dengan warna gelap atau terang, sofa dengan warna netral mudah didekorasi, dan dapat dengan mudah mengikuti gaya interior seiring perubahannya selama bertahun-tahun.

Kain sofa netral termasuk krem, abu-abu, kelabu tua, dan krem. Sofa dengan warna apa pun dapat diintegrasikan dengan indah ke dalam ruangan jika dipadukan dengan warna lainnya dari aksesori yang mendukung di dalam ruangan.

Chat WhatsApp