Blog

Jenis-Jenis Roller Blind Onna

Hunian modern saat ini semakin dimudahkan dengan pilihan pilihan penutup jendela yang semakin bervariasi. Namun demikian, salah satu pilihan yang tetap populer dan amat diminati adalah roller blinds. Hal tersebut karena, roller blind tidak hanya menyediakan pencahayaan yang tepat, namun juga menambahkan nilai estetik yang modern pada sebuah bangunan atau ruangan.

Roller Blinds merupakan penutup jendela berupa kain yang menutupi dan melengkapi bagian jendela agar yang mampu menghalangi sinar UV yang berlebihan. Blinds ini bisa dioperasikan dengan cara kabel atau rantai yang terpasang (digulung) untuk menariknya dan tersedia dalam manual maupun bermotor. Penutup jendela roller blinds ini cocok digunakan untuk hampir seluruh tipe jendela dan pintu.

 

Keuntungan Menggunakan Roller Blinds
Selain alasan yang menggairahkan, produk roller blinds juga memberikan keuntungan lain sebagai berikut:

• Proteksi
Solusi cerdas mengatasi sinar matahari yang berlebihan pada hunian adalah dengan menginstalasi roller blinds. Selain bisa membuat hunian bebas dari pengap dan panas, juga bisa melindungi dari sinar UV yang merusak furnitur interior. Sekaligus menambah proteksi terhadap privasi di dalam rumah dengan efisien.

• Ragam varian yang menarik
Penutup jendela ini menghadirkan ragam varian yang luas dan menarik. Baik material, warna, fungsi, hingga jenis kain sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dekorasi interior yang dibutuhkan. Beragam opsi warna yang menarik dan elegan untuk memanjakan Anda dalam bereksperimen terhadap desain interior rumah dengan leluasa.

• Mudah dioperasikan
Baik dengan manual atau bermotor, roller blind sangat mudah dioperasikan. Sehingga memungkinkan disediakannya izin operasi jendela tersedia yang diinginkan. Baik keredupan (intensitas cahaya) maupun cakupan tirai.

• Harga terjangkau
Karena pilihannya semakin beragam, saat ini tersedia pula roller blinds dengan harga ekonomis. Sangat mudah tak terkalahkan dengan budget yang Anda punya. Dan mengingat daya tahannya sangat lama, roller blinds adalah pilihan cermat untuk mengembangkan agar hunian senantiasa cantik dan rapi.

• Aplikatif
Tak seperti tirai yang bisa membuat ruangan terasa lebih sempit karena kesannya yang ‘penuh’. Malah roller blind menghadirkan solusi efisiensi pada ruangan. Kesannya yang minimalis dan elegen sangat cocok untuk hunian keluarga modern ataupun arsitektur lain seperti kantor, restoran, atau hotel.

• Perawatan yang mudah dan awet
Roller blinds terkenal mudah dibersihkan serta awet. Penutup jendela modern ini tidak memerlukan perawatan yang rumit, cukup diseka dengan kain baik kering atau basah maka permukaan tirai akan bersih kembali. Dengan perawatan yang rutin, blinds akan selalu tampil cantik seperti baru dalam waktu yang lama.

Ragam Jenis Roller Blinds Onna
Produk Roller Blinds Onna memiliki beberapa jenis klasifikasi produk unggulan, yaitu:

1. Onna Blue Onna Blue merupakan varian produk Onna dengan harga paling ekonomis. Dengan kombinasi komponen lokal dan komponen China, tetapi tetap bermutu tinggi. Walaupun di pasaran produk serupa tidak berani memberi garansi, berbeda dengan produk yang dikeluarkan oleh Onna. Walaupun komponen pada Onna Blue memakai perpaduan komponen lokal dan Cina, tetapi garansi yang diberikan tetap sama yaitu 10 tahun.

Pada Onna Blue ada beberapa varian Roller Blinds yang bisa dipilih / disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

1. Rantai 25 Rel Non Kepala
Pada tipe ini, pipa untuk gulungan kain memakai pipa dengan diameter 2,5cm (kecil). Tipe ini biasa dipakai untuk lokasi dengan ukuran yang kecil. Batasan besar atau kecil terkadang akan menjadi kabur tergantung persepsi setiap orang. Untuk itu Onna sudah membuat batasan-batasan yang pasti berupa pedoman kapasitas setiap produknya. Untuk tipe ini, batasan yang diperbolehkan adalah berkisar antara 1,3-1,8m² maximal. Ini tergantung dari kain yang digunakan.Semakin berat kain yang dipakai, maka batasan m² akan semakin kecil. Seiring kemampuan/kapasitas mekanis. Selain m², batasan yang dipakai adalah lebar. Lebar maximal yang diperkenankan adalah 120cm. Onna sudah memberi batasan-batasan yang pasti sehingga produk tidak bekerja overload dan berakibat produk mudah rusak. Untuk chain 25 non head rail ini mengusung sistem rantai untuk naik dan turunnya. Kain produk ini cocok untuk jendela-jendela berukuran kecil.

2. Chain 38
Pada tipe ini, pipa gulungan yang dipakai sudah standard yaitu berdiameter 3,8cm. Tipe ini dipakai untuk lokasi dengan ukuran kecil sampai sedang. Batasan sedang yang dimaksud adalah untuk maximal sampai dengan 7m². Dengan maximal lebar adalah 2,2m. Bergantung dengan tipe/jenis kain yang digunakan. Tinggi maximal bisa berkisar sampai dengan 3,5m, dengan minimum lebar produk adalah 30cm. Chain 38 memakai rantai disamping kanan/kiri yang berfungsi untuk menaik/menurunkan kain.

3. Chain 50 Non Head Rail
Pada tipe ini, pipa yang dipakai adalah pipa dengan diameter 5cm. Dengan semakin besar pipa yang dipakai, hal ini akan berdampak pada maximal lebar yang bisa dicover dan pada tinggi produk yang pastinya juga berimbas pada semakin besar m² produk. Untuk chain 50, lebar minimal produk adalah 30cm dengan batasan maximal lebar adalah 2,4m. Tinggi maximal yang diperbolehkan untuk tipe ini berkisar 5m². Sehingga dengan mekanis yang lebih besar ini, m² kapasitas yang bisa dicover adalah sekitar 9-10m². Bergantung jenis kain yang dipilih. Tipe ini juga tetap memakai rantai di samping kanan/kiri untuk menaik/menurunkan kainnya.

4. Chain 38 with Valance
Pada tipe ini sama seperti Chain 38, hanya saja pada tipe ini memakai tambahan cover sebagai pelindung supaya kain bisa tersimpan rapi dan bersih. Akan tetapi, kelemahan yang timbul pada tipe ini adalah tinggi produk akan sedikit berkurang karena area simpan kain terbatas oleh valance/box cover.

5. Chain 38 with Spring Assist
Pada tipe ini, sebenarnya sama dengan tipe chain 38 akan tetapi ada penambahan per pergas di dalam pipa. Dan per pegas ini, berfungsi untuk membantu kita sebagai pengguna supaya pada waktu kita tarik untuk naik, tarikan tidak berat. Hal ini karena proses menggulung kain dibantu oleh pegas. Sehingga tarikan akan lebih ringan dibanding tarikan tanpa spring. Pada sistem ini, tetap memakai tarikan berupa rantai di kanan/kiri. Penambahan per ada di dalam pipa sehingga penampilan per tidak nampak. Kapasitas yang bisa dicover kurang lebih hampir sama. Untuk tipe ini lebar minimalnya lebih besar karena adanya per di dalam. Sedangkan chain 38 lebar minimal adalah 30cm. Untuk chain spring ini lebar minimal adalah 80cm.

6. Spring 38
Pada tipe ini, sudah tidak lagi memakai rantai untuk menaik turunkan kainnya. Tipe ini sepenuhnya mengandalkan per untuk menaikan kainnya, sedangkan untuk menurunkannya masih manual dengan menarik tali di bagian tengah pemberat bawah. Untuk sistem spring, lebar minimal yang bisa dicover adalah 55cm. Dengan tinggi sekitar 175cm, atau bisa juga memakai per yang lebih besar dengan ukuran. Lebar minimal adalah 85cm dan tinggi maximal bisa mencapai 3m. Seperti halnya pada Roller dengan pipa 38 lainnya, lebar maximal yang bisa dicover adalah 220cm.

Itu tadi adalah beragam pilihan mekanis Roller Blinds yang ada di kategori Onna Blue untuk pilihan kain. Onna menawarkan beraneka ragam kain, mulai dari tipe kain Blackout, Dimout, Sheer, Solar Screen, dan Natural. Ada banyak pilihan kualitas kain dan warna yang ditawarkan oleh Onna.

2.Onna Gold


Onna Gold adalah salah satu varian dari produk Onna yang memiliki kualitas di atas Onna Blue. Mekanis yang dipakai didominasi oleh produk Korea dan ada juga yang produk Taiwan.

Seperti halnya pada Onna Blue, pada Onna Gold ada banyak alternatif pilihan mekanisnya, seperti:

1. Chain 38 (Taiwan)
Pada tipe ini, pipa yang dipakai adalah pipa dengan diameter 3,8cm dan memakai mekanis Taiwan. Sistem naik turunnya memakai rantai di kanan atau di kirinya. Lebar minimal adalah 30cm dan lebar maksimal adalah 220cm. Tinggi maksimal bisa mencapai 380cm tergantung kain yang dipakai. Semakin berat kainnya, tinggi yang bisa dicapai semakin rendah (berkurang). Cakupan m² untuk mekanis Taiwan berkisar 6,5m²-7m². Perbedaan mekanis Taiwan dengan mekanis Chain Taiwan 38 pada Onna Blue adalah dari segi tampilan dan tarikan yang lebih ringan dibandingkan pada Onna Blue.

2. Chain 38 Pully (Korea)
Untuk tipe ini mekanis yang dipakai adalah produk Korea. Selain penampilan yang lebih baik, ditambah cover Ball Chain yang dinamis membuat tampilan Roller Blinds ini lebih bagus dan tarikan juga lebih ringan. Proses pemasangan juga lebih mudah tanpa harus mengatur posisi mekanis untuk jalan rantai turun. Untuk minimal lebar adalah 30cm dan lebar maksimal adalah 220cm. Sedangkan untuk tinggi mekanis ini bisa mengcover sampai ketinggian 4m.
2. Chain 38 Pully (Korea)
3. Chain 50 Pully (Korea)
3. Chain 50 Pully (Korea)
Pada chain 50 pully, mekanis yang dipakai sama dengan chain pully 38, hanya yang membedakan adalah pemakaian pipa yang lebih besar. Dengan memakai pipa yang lebih besar, maka jangkauan lebar menjadi lebih besar daripada memakai pipa 38. Lebar maksimal yang bisa dicover untuk tipe ini menjadi 240cm dengan tinggi maksimal sama yaitu 4m.
4. Chain Pully 38 & Chain Pully 50 with Spring Assist (Korea)
Standard
Pada tipe chain pully 38 dan pully 50 with spring assist, mekanis pada tipe ini akan mendapat bantuan dari per/spring untuk berputarnya. Per/spring ini sangat membantu mekanis berputar yang berujung pada semakin ringannya tarikan. Sedangkan untuk kapasitas ukuran kurang lebih sama seperti pada tipe chain 38/50 pully tanpa spring assist.

Heavy Duty
Seperti namanya, pada varian heavy duty ini pastinya tersedia lonjakan kapasitas yang cukup signifikan dan tarikan tetap ringan, sehingga untuk lokasi-lokasi yang cukup tinggi mekanis ini bisa dipakai seperti pada gambar.

Pada chain 38 with spring assist heavy duty ini, lebar maksimal adalah 220cm dan tinggi maksimal adalah 650cm. Sedangkan pada chain 50 with spring assist heavy duty, lebar maksimal adalah 340cm dengan tinggi maksimal mencapai 650cm.
4. Chain Pully 38 & Chain Pully 50 with Spring Assist (Korea)
5. Chain Pully 38/50 with Valance
5. Chain Pully 38/50 with Valance
Tipe ini memakai mekanis standar 38 dan 50mm hanya saja, untuk tipe ini memakai tutup/cover yang menutupi gulungan kain. Jadi, bagi konsumen/pengguna yang tidak ingin gulungan kain pada Roller Blindsnya kotor bisa memilih tipe ini.
6. Chain Pully 60 with Spring Assist Heavy Duty
Chain pully 60 with spring assist heavy duty ini adalah mekanis terbesar yang dimiliki Onna saat ini. lebar maksimalnya bisa mencapai 300cm dengan tinggi maksimal 650cm atau bisa dikonversikan menjadi ± 10m² per unitnya. Satu-satunya tipe manual yang bisa mengcover lebar hingga 3m dan tinggi 6,5m. Dengan mekanis ini tarikan Roller Blinds tetap smooth dan ringan.

7. One Cord 38 Auto Down with Valance
Menilik dari namanya, tipe ini memakai pipa standar 38mm yang artinya ukuran yang bisa tidak terlalu besar. Dilengkapi dengan valance sebagai pelindung gulungan kain, tipe ini terbilang unik karena untuk turunnya kita sudah mendapatkan sistem otomatis yang hanya dengan sekali tarik benang operasionalnya, Roller Blinds akan turun sendiri. Hanya saja untuk menaikkannya agak sedikit repot karena kita harus menarik benang berulang-ulang, sampai Roller Blinds naik.

Tipe ini cocok dipakai untuk kamar anak karena saat ini ada survey yang sudah dilakukan. Di Eropa yang cukup mengejutkan karena tingginya aneka kecelakaan pada anak karena terjerat rantai yang terjuntai pada Roller Blinds. Dengan tipe model ini, yang hanya memakai 1 benang tarikan dan cover plastik pada benang yang akan melindungi/menghindarkan anak-anak terjerat rantai pada Roller Blinds.
7. One Cord 38 Auto Down with Valance
8. Spring 38 Double Brake
8. Spring 38 Double Brake
Pada Onna Gold, tipe spring sistem sudah berbeda dari tipe spring pada Onna Blue. Pada Onna Gold ini spring sudah dilengkapi dengan sistem “Doubel Brake” yang artinya waktu kita membuka Blinds, jika pada Onna Blue kain akan naik otomatis dengan bantuan spring dan akan berhenti sampai kain habis atau pemberat bagian bawah Roller Blinds beradu dengan Aluminium Head Rail atas. Sehingga pada tipe ini akan terkesan kasar proses berhentinya dan menimbulkan bunyi yang cukup bising karena beradunya Aluminium Head Rail atas dan Bottom Rail bawah. Tetapi pada Onna Gold, dengan “Double Brake” sistemnya, hal ini benar-benar tidak terjadi karena sebelum Bottom Rail beradu dengan Head Rail di atas, Roller Blinds akan berhenti sendiri (sesuai settingan) dan setelah 5 detik Roller Blinds akan naik lagi dengan sangat pelan sampai Roller Blinds terbuka sempurna. Suara bising akibat beradunya Head Rail dan Bottom Rail hilang karena kedua batangan aluminium ini beradu dengan kecepatan yang sangat rendah dan sangat berkelas.

Model spring ini biasa dipakai untuk jendela yang tinggi bagian bawahnya terjangkau baik tanpa jongkok. Sehingga saat dioperasionalkan tidak sampai membuat kita sengsara, karena setiap hari harus berjongkok untuk membukanya.
9. Spring 38 with Chain & Brake Assist dan Spring 38 Double Brake with Chain Assist
Dua tipe produk ini hampir mirip dan pengoperasiannya pun mirip, sama-sama memakai per dan memakai tarikan rantai. Hanya saja berbeda dengan produk Chain 38 with Spring Assist. Pada tipe ini rantai dipakai untuk menurunkan kain pada Roller Blinds dan per/spring berfungsi untuk menaikkan kain pada Roller Blinds. Caranya adalah dengan menarik sedikit saja rantai, maka kain akan naik dengan otomatis. Hal ini terjadi karena spring yang ada di dalam tube/pipa.

Perbedaan kedua tipe ini adalah adanya jumlah rem/brake. Jika yang single brake, ketika rantai ditarik sedikit, kain pada Roller Blinds akan naik dan akan berhenti ketika kain sudah di atas. Sedangkan pada tipe Double Brake, kita bisa menentukan kain Roller Blinds akan berhenti pada posisi mana. Sehingga, secara teknis tipe Double Brake ini akan lebih praktis digunakan sehari-hari.

3.Onna Platinum


Onna Platinum, Blinds Premium untuk Interior Mewah dan Berkelas

1. Chain 36 with Spring Assist dan Chain 45 with Spring Assist
Pada Onna Platinum, pipa yang dipakai sedikit berbeda dibandingkan dengan mekanis Onna Blue maupun pada Onna Gold. Kalau biasanya pipa yang dipakai adalah pipa 38mm atau 50mm, pada Onna Platinum yang memakai komponen Jepang, pipa yang dipakai juga sedikit lebih kecil karena ukuran mekanis yang memang lebih kecil. Pada chain 36 with spring assist Onna Platinum, sama halnya dengan pada chain with spring assist type lainnya, pengoperasionalan memakai rantai yang dibantu oleh spring sehingga tarikan lebih ringan dan smooth. Pada Onna Platinum, tidak memiliki mekanis yang tanpa spring. Mengingat pada mekanis ini, Onna memposisikan diri untuk menyasar segmen premium. Pemakaian mekanis Jepang ini membuat tampilan lebih baik dan tarikan yang lebih smooth dibandingkan mekanis lainnya. Untuk kapasitas, lebar minimum adalah 78cm dan lebar maksimum adalah 180cm dengan tinggi maksimum adalah 380. Dan konversi untuk luasannya adalah 5m2. Untuk chain 45 with spring assist, lebar maksimumnya mencapai 200cm. Dan tinggi maksimumnya tetap yaitu di angka 380cm. Hanya berbeda penggunaan pipa saja yang berimbas pada semakin besar lebar yang bisa di cover.
1. Chain 36 with Spring Assist dan Chain 45 with Spring Assist
2. Spring 36 Oil Brake dan Spring 45 Oil Brake
2. Spring 36 Oil Brake dan Spring 45 Oil Brake
Pada model ini, sama halnya dengan model spring pada umumnya yang memakai benang di tengah tengah bottom rail untuk menarik turun kain roller blinds dan menaikkan kain Roller Blinds. Hanya saja, sistem yang dipakai di sini memakai spring with oil brake. Penggunaan oil brake disini membuat kain Roller Blinds waktu dinaikkan, pergerakannya benar benar smooth dan berhenti dengan sangat smooth. Benar benar terkesan first class. Untuk kapasitasnya, pada pipa 36, lebar maksimum adalah 180cm dan lebar minimum adalah 95cm. Sedangkan untuk pipa 45 lebar minimumnya tetap yaitu 95cm dan lebar maksimumnya adalah 200cm. Untuk tinggi maksimum adalah 250cm. Dengan konversi pada luasan mencapai sekitar 5m2.
3. Spring 36 with Chain Assist dan Spring 45 with Chain Assist
Model ini kalau kita perhatikan memiliki nama yang hampir sama dengan yang ada pada Onna Gold. Sistemnya hampir sama, hanya merupakan kebalikan dari Onna Gold. Kalau pada sistem ini, untuk menurunkan memakai rantai dengan ditarik sedangkan untuk naiknya, rantai cukup d tarik sedikit, maka kain akan naik dengan otomatis memakai spring yang ada di dalam tube Roller Blinds.

4. One Cord 36
One cord 36, seperti pada Onna Gold, sistem ini juga hanya memakai satu benang saja yang menjuntai dan dibalut oleh plastik. Sehingga benang tidak akan mencederai tangan atau bahkan membuat risiko terjerat pada leher anak-anak. Cara menaikannya dengan menarik tali atau benang sedangkan untuk menurunkannya, cukup dengan menghentak benang sedikit saja, maka kain pada Roller Blinds akan turun secara otomatis. Perbedaan yang pasti adalah penggunaan mekanisnya, pada Onna Platinum ini sudah memakai komponen Jepang yang pastinya lebih berkualitas dibandingkan dengan komponen lainnya.

5. Heavy Duty Cord 60 with Spring Assist
Cord 60 with spring assist, dari namanya kita melihat ada foto kata kata cord yang artinya benang atau nilon. Pada sistem lain, biasanya tarikan memakai ranai nilon atau plastik atau bisa juga pakai rantai tahan karat. Tapi pada mekanik Jepang yang satu ini memakai kabel nilon untuk menariknya. Sebenarnya ini berfungsi juga untuk mengurangi suara yang ditimbulkan oleh tarikan rantai pada umumnya, sehingga pada mesin ini benar2 senyap. Dengan kemampuan tugas berat yang pastinya super power, membuat mekanis ini mantap untuk dipakai di lokasi yang memiliki ukuran yang jumbo. Untuk kapasitasnya, lebar minimum yang bisa diketahui adalah 70cm dengan batasan maksimum lebar hingga 300cm. Dan batasan tinggi hingga 700cm. Konversi luasannya pun luar biasa, mekanis ini sanggup mengcover luasan hingga 15m2.

Chat WhatsApp