Blog

Mengenal Jenis – Jenis Lantai Vinyl yang Bisa Menghias Lantai Rumah Anda

Lantai vinyl adalah salah satu pilihan pelapis lantai yang harga jualnya relatif murah dibandingkan jenis lainnya. Sama seperti pelapis lantai umumnya, jenis-jenis lantai vinyl juga beragam. Memiliki karakteristik dan fungsi masing-masing yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli. Tujuannya adalah supaya tidak salah beli dan mubazir.

Jenis-jenis lantai vinyl terbagi ke dalam empat kelompok, yaitu vinyl click, vinyl tile, vinyl roll, dan vinyl plank. Merasa susah mengartikannya? Jangan khawatir, karena admin sudah meringkasnya khusus untuk Anda. Mari langsung disimak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Jenis-Jenis Lantai Vinyl yang Biasa DigunakanUntuk Mempercantik Lantai Rumah

1. Vinyl Plank

Lantai Vinyl plank merupakan jenis dari lantai vinyl yang sangat laku di pasaran. Jenis ini juga tersedia dalam berbentuk lembaran ataupun persegi panjang yang masing-masing berbeda dari tingkat ketebalannya. Ketebalan dari Vinyl ini dimulai sekitar 2 mm hingga 3 mm serta berbagai bahan dasar PVC.

Permukaan lantai embossed merupakan jenis dari permukaan vinyl yang memiliki tekstur. Terlihat seperti serat kayu yang sungguhan sehingga menjaga akan lantai vinyl tersebut supaya tidak licin. Permukaan lantai yang non embossed ini merupakan sebuah jenis dari permukaan lantai vinyl yang sangat halus serta licin. Sehingga sangat memudahkan untuk lantai ini pada saat lantai vinyl tersebut akan dibersihkan. Mudah kok untuk membersihkan permukaan lantai yang kotor. Karena cukup licin, pastikan anak-anak di rumah lebih berhati-hati dan jangan berlarian.

2. Vinyl Tile

Jenis-jenis lantai Vinyl tile ini tersedia dalam sebuah bentuk persegi empat. Bentuknya seperti sebuah keramik serta mempunyai panjang serta lebar yang sama yaitu sekitar 30 cm hingga 50 cm. Jenis lantai Vinyl tile mempunyai banyak sekali pilihan motif serta warna, dan untuk ketebalan jenis vinyl ini berkisar sekitar 1,5 mm hingga 3 mm.

Karena berbagai pilihan warnanya yang cukup sangat bervariasi. Maka terkadang untuk pemasangannya juga bisa dilakukan secara acak dengan menggunakan berbagai pilihan warna untuk bisa menampilkan berbagai motif mozaik. Tidak jarang pula, Vinyl Tile dipasang secara vertikal atau horizontal untuk menampilkan kerumitan lebih pada motif kayu. Membuatnya terlihat jauh lebih menarik dan elegan.

3. Vinyl Roll

 

Lantai Vinyl roll ini tersedia dalam berbagai bentuk gulungan seperti halnya karpet dan ketebalannya berkisar sekitar 0,5 mm hingga 2,2 mm. Jenis vinyl roll ini mempunyai sebuah tingkat kelenturan yang cukup sangat tinggi.

Hal ini yang akan menyebabkan vinyl ini bisa untuk digulung dengan baik. Pemasangan jenis lantai ini memang terlihat lebih sulit jika dibandingkan dengan pemasangan vinyl plank ataupun vinyl roll. Mengingat ukuran vinyl roll adalah 2 m x 25 m, hasil pemasangan lebih bagus dan rapi karena hanya membutuhkan sedikit sambungan.

 

4. Vinyl ClickVinyl click adalah tipe lantai vinyl yang hadir dengan bentuk lembaran atau persegi panjang. Ketebalannya mencapai 5 mm dan setiap lembaran dilengkapi rell. Sehingga, proses pemasangan vinyl click jauh lebih mudah dibandingkan lantai vinyl lain.

Bukan hanya itu saja, hasil pemasangan vinyl click juga terlihat sempurna karena setiap sambungan tidak terlihat. Jika dibandingkan dengan lantai parket, permukaan vinyl click lebih halus. Inilah beberapa jenis-jenis lantai Vinyl yang bisa Anda ketahui. Jika Anda ingin memiliki sebuah rumah dengan lantai yang elegan maka bisa menggunakan pilihan jenis lantai ini. Anda bisa menentukan jenis pilihan lantai yang sesuai dengan kebutuhan rumah Anda.

Baca Juga :

Telepon Sekarang